Saturday 3 September 2016

Python 2 Atau Python 3 ?

http://learntocodewith.me
Gambar ini diambil dari: http://learntocodewith.me
Sebagian dari Kamu mungkin ada yang bimbang dalam menentukan versi Python mana yang harus dipelajari. Hal ini juga sempat terjadi kepada saya yang saat itu sebagai pemula yang terobsesi ingin menguasai bahasa pemograman Python.

Telah banyak informasi atau artikel yang beredar di internet, bahwa versi 3 dari bahasa pemograman Python lebih baik ketimbang versi 2. Anggapan tersebut bisa saja benar atau mungkin salah. Benarnya, karena mungkin mereka adalah seorang pengembang profesional. Sebaliknya, mereka yang enggan beralih dari Python 2 ke Python 3.

Nah, buat Kamu yang masih bimbang dalam menentukan versi Python mana yang kelak akan menjadi keahlianmu. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi terbaik Kamu dalam mentukan Python 2atau Python 3.

Sejak versi 2.7, Python 2 dan Python 3 dirilis secara simultan. Coba Kamu tengok kembali di postingan sebelumnya ‘MengenalBahasa Pemograman Python’. Disana Kamu bisa lihat tanggal rilis antara keduanya, bahwa Python 2.7 masih terus dipertahankan dan diperbaharui sebagai rilis terakhir dari Python 2. Seperti yang telah disebutkan diatas, karena banyak dari mereka (programmer) yang enggan beralih dari Python 2 ke Python 3. Alasanya sederhana, mereka sudah merasa nyaman dalam menggunakan Python 2, dan kebanyakan library (paket dan modul) yang beredar masih menggunakan Python 2 sehingga proses pengembangan aplikasi jauh lebih mudah ketimbang mereka yang menggunakan Python 3. Para pengembang Python Python Software Foundation (PSF) dalam merilis versi 3-nya, mereka bertujuan agar dapat dipergunakan untuk jangka panjang. Fasilitas-fasilitas baru yang saat ini ditambahkan dalam bahasa Python hanya diimplementasikan ke dalam bahasa Python 3 dengan harapan para programmer Python yang fanatik dengan Python 2 secara bertahap bisa beralih ke Python 3, meskipun hal itu sulit untuk dilakukan.

Percaya atau tidak Python 2.7 akan terus dipelihara sampai tahun 2020 mendatang, dan tidak akan ada lagi rilis Python 2.8. Bisa menjadi pertimabangan Kamu lagi nih... :-)

Faktanya dibalik proses produksi software dan buku-buku referensi terkait Python masih dibuat menggunakan Python 2, dan mungkin distribusi Linux yang Kamu pake saat ini juga masih dibungkus dengan Python 2. Bagi Kamu yang terlanjur menggunakan Ubuntu 14.04, tidak perlu khawatir akan adanya Python 3 (versi 3.4.0) sebagai paket distribusinya, karena tetap saja Python Interpreter yang menjadi defaultnya adalah Python 2 (2.7.6).

Sebenarnya tidak terjadi perombakan besar-besaran dari Python 2 ke Python 3. Itu artinya, bahasa dan sintakspun semuannya masih sama. Hanya saja ada beberapa fitur atau kata kunci dari Python 2 yang dihilangkan dan diganti di dalam Python 3. Selain itu, terdapat juga penambahan fitur baru ke dalam Python 3. Tetapi bukan berarti pengguna Python 2 tidak bisa mencicipi Python 3. Karena semenjak ada versi 2.6, komunitas Python telah sukses menyertakan modul __future__ ke dalam Python 2, yang ditulis sebagai berikut:

from __future__ import

Dengan modul __future__, para pengguna masih bisa mencicipi fitur-fitur baru yang terdapat pada Python 3. Selain itu, Kamu juga dapat menyulap total kode Python 2 Kamu menjadi Python 3, dengan tool bantu bernama 2to3 yang terdapat dalam Python 2.

Bagaimana, sudah ketemu jawabannya ?


Referensi: python.org
#Python #2to3 #Ubuntu

Artikel Lainnya

Python 2 Atau Python 3 ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!