Monday 5 September 2016

Mengenal X Window ~ Kenapa Sekarang Linux Lebih User-Frendly

Ketika mendengar ayat User-Friendly kita pasti akan merujuk ke satu sistem operasi, yang disebut Windows. Hal ini karena Windows menawarkan banyak fasilitas-fasilitas yang tentu memanjakan mereka para penggunanya, salah satunya dengan fasilitas antarmuka grafis (GUI). Fasitiltas ini kerap mejadi tampilan yang enak di pandang. Maka tidak heran jika mereka lebih memilih Windows dibanding sistem operasi lain. Dua atau empat tahun yang lalu, sistem operasi ini telah banyak dianut untuk dijadikan pedamping di segala aktifitas mereka, termasuk mereka yang bekerja untuk perkantoran, game, programmer, dan sebagainya. Tapi, apakah hanya Windows yang dapat menganut banyak penggunanya, terutama di Indonesia ?

Selama satu dekade ini kita telah dimudahan dengan sistem operasi komputer yang berbasis Windows. Tapi setelah adanya pemberlakuan dan penetapan UU HaKi yang berimbas pada pelanggaran dan pemberian sanksi hukum bagi para pengguna sistem operasi bajakan, Windows bersama variannya boleh jadi kurang diminati lagi saat ini.

Kamu tahu tidak ? Sejauh ini Linux sudah berkembang sangat pesat, dan telah banyak diminati oleh mereka yang mungkin pengguna Windows sebelumnya. Berita baiknya, bahwa GNU/Linux sekarang lebih User-Friendly dibandingkan Windows. Hal itu, tindak tanpa usaha mereka sebagai pengembang Linux. Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada Matthias Ettrich sebagai pengembang KDE (Desktop Manager) pertamanya di tahun 1996.

Berbicara User-Friendly, hal ini tidak lepas dari yang namanya X Window sebagai portal untuk memungkinkannya akses tampilan grafis desktop manager. Nah, Artikel ini akan membahas singkat tentang X Window pada Unix/Linux.

Apa itu X Window ?

Pengguna awam mungkin beranggapan bahwa Unix dan Linux itu semata-mata bekerja pada console dengan tampilan yang kurang menarik. Unix dan Linux pada perkembangannya memiliki tampilan yang menarik seperti Windows, dengan fasilitas antarmuka grafis (GUI) yang dinamakan X Window. Berdasarkan informasi yang diambil dari Wikipedia.org, X Window (atau X11 atau X) adalah sistem grafis dan windowing bagi sistem operasi UNIX dan sistem-operasi-mirip-UNIX (Linux) yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1984. Dengan menggunakan X Window dan aplikasi Window Manager, sebuah komputer dengan sistem operasi UNIX atau Linux dapat memiliki sistem GUI (Graphical User Interface) seperti KDE, Gnome, XFce, dll. Referensi lain yang dikutip dari situs http://www.linuxdevcenter.com, bahwa X atau X11 dikembangkan sebagai bagian dari Project Athena, upaya kerja sama antara MIT, IBM, dan Digital Equipment Corporation untuk mengembangkan jaringan terminal rekayasa heterogen yang dapat digunakan untuk tujuan pengajaran. Versi saat ini, X11, dirilis pada tahun 1987 dan sekarang sampai dengan X11 rilis 7, yang dikenal sebagai X11R7. Namun, untuk versi X Window yang digunakan pada platform Linux dengan nama XFree86 saat ini dengan versi XFree86 4.8.0 yang dirilis pad Desember 15, 2008.

Mungkin yang akan jadi pertanyaan Kamu adalah bedanya XFree86 dan X11/X.org itu ? Singkatnya, XFree86 merupakan X Window untuk distro-distro lawas (tua) seperti Redhat 9.0. Sedangkan X.org/X11, X Window yang dikembangkan untuk distro-distro baru seperti Ubuntu 10 atau keluarga Debian lainnya yang lebih baru. Meskipun, XFree86 merupakan X Window yang lama sekali, tetapi dari semua versinya sudah mendukung berbagai macam jenis kartu grafis dan memudahkan Kamu dalam melakuakn konfigurasi kartu grafis. Pastinya sudah User-Frendly... :-)
 
Dibawah ini merupakan hasil screenshot yang diambil dari Linux Mint 18 Sarah dengan X Window X11R7 dan sedikit perombakan pada program Desktop Cinnamon

 Gambar ini diambil dari: www.linuxshare13.com

  Gambar ini diambil dari: www.linuxshare13.com

  Gambar ini diambil dari: www.linuxshare13.com 

Refrensi: Wikipedia.org, http://www.linuxdevcenter.com/pub/a/linux/2005/08/25/whatisXwindow.html,  http://forum.linux.or.id



Artikel Lainnya

Mengenal X Window ~ Kenapa Sekarang Linux Lebih User-Frendly
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!