Tuesday 6 September 2016

Apa Hubungan Antara X Window, Window Manager dan Desktop

 Gambar ini diambil dari: www.linuxshare13.com

Bagaimana X Window, Window Manager dan Desktop Bekerja ?

Seperti yang telah disebutkan pada postingan sebelumnya “Mengenal X Window~ Kenapa Linux Lebih User-Friendly”, X Window sebagai portal untuk memungkinnya akses tampilan grafis
desktop manager.

Dari sepanjang ayat yang tertulis diatas, mungkin sebagian dari Kamu belum cukup untuk mengerti apa maksudnya. Dan sedikit mengulang, X Window (atau X11 atau X) adalah sistem grafis dan windowing bagi sistem operasi UNIX dan sistem-operasi-mirip-UNIX (Linux) yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1984.
Dengan menggunakan X Window dan aplikasi Window Manager, sebuah komputer dengan sistem operasi UNIX atau Linux dapat memiliki sistem GUI (Graphical User Interface).

Coba kita tengok ke ayat yang di tebalkan dan digaris bawahi. Ini berarti, ketiga-nya saling berhubungan satu sama lain. Agar semuanya dapat terhubung dan saling berkomunikasi, X sendiri menerapkan model client-server untuk mencapai perangkat yang digunakan klien melalui jaringan yang disebut server. Server merupakan program tunggal, yang mengontrol layanan dari sistem X, baik itu dari grafis yang digunakan, keyboard, mouse, dan layanan perangkat lunak seperti font dan warna. Semua input dan output sebenarnya disalurkan melalui program ini.

Program-program yang ingin mengakses layar disebut klien. Program-program ini memanggil fungsi dari perpustakaan X untuk melakukan input dan output dan begitu independen dari perangkat keras yang sebenarnya. Program ini dapat berjalan di komputer manapun pada jaringan, tidak hanya pada komputer yang sama sebagai layar. Salah satu perpustakaan X memungkinkan mereka; klien untuk membuka koneksi ke server.

Mungkin Kamu sempat di bingungkan lagi dengan satu paragraf diatas, kita ambil ayat pertama yang menjadi bagiannya, yaitu “Program-program yang ingin mengakses layar disebut klien” ? Jadi, maksudnya bahwa program-program ini yang diebut Window Manager. Window Manager adalah sebuah aplikasi yang dirinya merupakan klien X, dengan tanggung jawab untuk mengelola penampilan dan penempatan jendela pada layar.

X serever itu sendiri tidak memiliki peran dalam menentukan penampilan layar, atau pengguna yang diizinkan untuk melakukan sesuatu pada layar. Itu adalah tugas dari window manager. Sebagai contoh, beberapa window manager memungkinkan kita untuk klik dua kali pada jendela bar dan menggulung jendela ke dalam judul bar seperti window shade atau bisa juga disebut shading.
Mungkin ada beberapa window manager yang tidak memiliki fitur; menggulung jendela, klik dua kali pada jendela bar. Sebenarnya X tidak pernah pedui akan itu, karena pekerjaan X server hanya untuk memberikan dukungan tingkat rendah sehingga window manager dan aplikasi lainnya dapat jalan atau tidak. Itu tergantung mereka, karena mereka memilih.

Demikian pula window manager mengurus penampilan dan penempatan jendela; itu tidak menentukan apa yang terjadi di dalamnya. Jendela mungkin jendela terminal atau yang disebut xterm dimana pengguna menjalankan perintah standar UNIX, atau mungkin menjalankan aplikasi klien X seperti kalkulator, web browser, atau sesi Emacs. Ini beberapa aplikasi klien yang berjalan di jendela yang menentukan apa yang terjadi di dalam window.

Lalu yang dimaksud Desktop adalah ?

Kebanyakan orang saat ini menjalankan salah satu lingkungkan desktop, KDE atau GNOME. Desktop adalah software yang disebut KDE atau semacamnya, yang berfungsi menyediakan lingkungan grafis terintegrasi dimana semua aplikasi dan jendela memiliki tampilan umum, nuansa atau yang disebut user-friendly. Bisa dikatakan desktop lebih dalam menyediakan lingkungan grafis, dibanding window manager. Lingkungan desktop juga mencangkup manajemen sesi, untuk menyimpan dan memulihkan sesi pekerjaan Kamu. Tetapi jika Kamu melihat di bawah (Panel), Kamu masih akan menemukan X Window System mengelola layar, dan Kamu akan menemukan sebuah window manager duduk diantara X dan desktop. Coba lihat kedua contoh gambar window manager dan desktop agar mengerti apa yang dimaksud dengan yang tertulis diatas.

> G.Panel (Window Manger)

Gambar ini diambil dari: www.linuxshare13.com

> G.Word (Desktop)

 Gambar ini diambil dari: www.linuxshare13.com

Kamu bisa lihat bagaimana window manager menampakan dirinya, yang menampung segala manajemen sesi dari desktop, atau dalam hal ini window manager bisa digambarkan sebagai garis panjang atau Panel. Sedangkan desktop menampilkan aplikasi yang sedang digunakan dengan jendela atau tampilan yang lebih nuansa. Yang jadi pertanyaan kembali, bagaimana saya melihat X yang saat itu mengelola layar ?

Sebenarnya kita tidak akan bisa melihat bagaimana X menjalankan tugasnya, karena X tersembunyi dua tingkat ke bawah dari desktop. Diabwah ini merupakan konsep X Window atau ketiganya saling bekerja.

Gambar ini diambil dari: https://www.x.org/wiki/guide/concepts/

Semoga di lain waktu saya bisa menyempatkan untuk menjelaskan maksud dari gambar di atas :-)



 

Artikel Lainnya

Apa Hubungan Antara X Window, Window Manager dan Desktop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!