Sunday 3 April 2016

Install LibreOffice 5.1 Di Kali Linux 2.0 sana



 http://allofyou13.blogspot.com/2016/03/install-libreoffice-51-ii-kali-linux-20.html

Sekarang saya ingin berbagi tutorial tentang bagaimana install libre office 5.1 di kali linux/Debian ?

Seperti yang kita ketahui guys, bahwa kali linux adalah OS yang memang dikhususkan untuk jaringan/Hacker, jadi jangan heran jika setelah anda menginstal kali linux tidak melihat Libre Office. lain lagi seperti halnya Ubuntu/Fedora/LinuxMint yang memang sudah ada Libre Office dari sannya.

Tapi anda tidak perlu kwatir, karena saya disini akan memberikan tutorial bagaiman install Libre Office. Disini saya contohkan dengan menggunakan Libre Office 5.1, seperti yang saya pakai saat ini. Yukk !! intip dulu deskripsinya :-D


LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran sumber terbuka dan bebas yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Paket aplikasi ini merupakan turunan dari OpenOffice.org pada tahun 2010, yang mana merupakan sebuah versi sumber terbuka dari StarOffice yang mendahuluinya. Semua fitur yang ada di OpenOffice ada pula di LibreOffice, dan pengembangannya dilakukan secara lebih terbuka dan mandiri karena dibawah naungan pengembang nirlaba. LibreOffice terdiri dari program pengolah kata, pembuatan dan penyuntingan lembatang sebar, tayangan salindia, diagram dan gambar, pekerjaan dengan basis data, serta penulisan formula matematika.




LibroOffice menggunakan format berkas OpenDocument (ODF) sesuai standar ISO/IEC internasional sebagai format aslinya untuk menyimpan dokumen di seluruh aplikasinya (seperti pada para saudaranya dari OpenOffice.org: Apache OpenOffice dan NeoOffice). Format berkas OpenDocument sekarang juga didukung oleh semua paket aplikasi perkantoran utama (baik yang sumber terbuka maupun perorangan). LibreOffice juga kompatibel dengan paket aplikasi perkantoran lainnya, termasuk Microsoft Office, melalui berbagai filter impor/ekspor. Format berkas Microsoft Office didukung dengan baik, meskipun beberapa fitur tata letak dan pemformatan atribut ditangani secara berbeda dalam aplikasi ini atau sama tidak didukung sepenuhnya dalam filter-filter tersebut. LibreOffice tersedia dalam 110 bahasa dan berbagai platform komputasi, termasuk Microsoft Windows, OS X (10.8 atau yang lebih baru), dan Linux (termasuk LibreOffice Viewer untuk Android). LibreOffice merupakan paket aplikasi perkantoran bawaan pada kebanyakan distribusi Linux populer.

Sebagai suatu perangkat lunak bebas dan gratis (FOSS), LibreOffice bebas untuk diunduh, digunakan, dan didistribusikan. Antara bulan Januari 2011 (rilis stabil pertama) dan Oktober 2011, LibreOffice diunduh sekitar 7,5 juta kali. Proyek tersebut mengklaim 120 juta alamat pengunduhan yang unik antara Mei 2011 sampai Mei 2015, tidak termasuk distribusi Linux, dengan 55 juta darinya antara Mei 2014 sampai Mei 2015.


Lalu bagaimana cara instalnya (khusus Kali Linux 2.0 sana) ?

Sebenarnya sangat mudah sekali guys :-D mari ikuti langka-langkahnya biar lebih memahami.

1. Downloads Libre Office 5.1 
2. Open terminal
3. Di terminal ketikan perintah sbb:


~# cd Downloads

anda akan masuk ke directory Downloads, lalu ketikan perintah "ls" tanpa tanda petik .

Disini anda akan melihat file" yang ada di directory Downloads, anda pula akan melihat folder tar.gz dengan nama Libre Office. kemudian ketikan perintah berikut:


~# cd LibreOffice_5.1.1.3_Linux_x86-64_deb/DEBS/

Jika berhasil, langkah selanjutnya anda hanya perlu menginstallnya semua file yang ada. ketikan perintah berikut :


~# dpkg -i *.deb

Anda hanya perlu menunggu hingga proses selesai, dan Libre Office berhasil dipasang di Kali Linux Anda.

Jika masih ada yang kurang paham atau ada yang mau ditanyakan silahkan, kolom komentar terbuka untuk anda. :-)

Jnagan lupa di share, jika tutorial ini bermanfaat. thanks !


Tag: Tutorial,Tutorial Linux, KaliLInux_Sana, INstal LibreOffice, Install_LibreOffice5.1, Commandinkalilinux

Artikel Lainnya

Install LibreOffice 5.1 Di Kali Linux 2.0 sana
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!