Sunday 4 September 2016

Cara Mengetahui Versi Python Yang Digunakan Oleh Linux Kamu

Gambar ini diambil dari: www.sixfeetup.com

Di postingan sebelumnya Kamu sudah membaca ‘Python2 atau Python 3’, yang mungkin sempat juga membaca ayat yang sedikit menyinggung dengan judul diatas. Seperti yang telah disebutkan, Ubuntu 14.04 menyertakan Python 3 (3.4.0) ke dalam paket distribusinya. Nah, yang jadi pertanyaan, bagaimana saya bisa mengetahui versi Python yang digunakan oleh Linux saya ?

Perlu Kamu ketahui, bahwa kode-kode yang ditulis dalam bahasa Python dieksekusi melalui program Interpreter. Singkatnya, Interpreter itu sebuah sistem Python yang melakukan eksekusi terhadap byte code (file .pyc), yang disebut Python Virtual Machine (PVM). Lebih jelas tentang PVM bisa ditunggu artikel selanjutnya.

Sebenarnya mudah sekali untuk mengetahui versi Python yang digunakan oleh Linux Kamu. Tidak ada option apapun yang digabungkan untuk melakukan pemanggilan ini. Sabar ya... :-)

Dalam lingkungan Windows mungkin Kamu akan mengenal program IDLE, yaitu IDE (Integrated Development Environment) yang berjalan pada mode GUI, dan biasanya sudah disertakan dalam paket instalasi Python. Disana Kamu hanya perlu mengklik 2x pada ikon IDLE (Python GUI) untuk mendapatkan informasi Python yang digunkan termasuk versinya. Disana tertulis :

Python 2.7.9 (default, Dec 10 2014, 12:24:55)
[MSC v.1500 32 bit (Intel)] on win32
Type “copyright”, “credits” or “license()” for more information.
>>>


Informasi inilah yang akan sama ditampilkan di console Linux Kamu nanti. Yang menjadi pertanyaan kembali, bagaimana…. saya bisa mengetahui versi Python yang digunakan oleh Linux saya... ?

Sedikit menyinggung: Orang pintar mengatakan “Jangan hanya ingin melihat apa yang ingin Kamu lihat, membaca apa yang ingin Kamu baca. Tetapi pahami, dan hargai sesuatunya dengan hati”

Baiklah, tidak akan tega kalau melihat kawan baca menunggu lama, hanya karena ocehan tidak bermutu penulis. Jadi, untuk mendapatakan informasi yang sama seperti yang dilakukan dengan mengklik 2x pada terminal Windows, Kamu cukup menuliskan satu kata berikut pada prompt console Kamu.

~$ python

Tampilan:

Python 2.7.6 (default, Mar 22 2014, 12:24:55)
[GCC 4.8.2] on linux2
Type “help”, “copyright”, “credits” or “license()” for more information.
>>>


atau

 Gambar ini diambil dari: www.linuxshare13.com

Setelah perintah dijalankan, Python Interpreter akan memunculkan prompt dengan tanda “>>>” tepat tertulis dibawah informasi Python. Itu menandakan, Python Interpreter sudah siap melayani kamu seumur hidup :-) 



Artikel Lainnya

Cara Mengetahui Versi Python Yang Digunakan Oleh Linux Kamu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!