Friday 9 September 2016

Desktop Environment KDE ~ Desktop Manager Pertama Untuk Linux



Desktop environment atau yang disebut KDE adalah sebuah desktop manager yang dijalankan dari Window Manager KWM, yang ditulis menggunakan bahasa Qt untuk melakukan render grafis.

KDE adalah software ?

Benar ungkapan kalimat diatas, bahwa KDE adalah software window manager, yang memanfaatkan lingkungan X Window pada Linux sehingga kita dapat melihat tampilan desktop yang menarik (User-Friendly). KDE merupakan desktop manager pertama untuk Linux yang dikembangkan oleh Matthias Ettrich pada tahun 1996. Selain bertujuan memudahkan penggunanya dalam menggunakan Linux, dalam perkembanganya KDE juga menyertakan program aplikasi multimedia, grafis, dan perkantoran.

Contoh program perkantoran yang disertakan, misalnya K Word (program pengolah kata), K Presentation (program pengolah presentasi), Kspreadsheet (program pengolah spreadsheet layaknya Excel pada Windows), dan Korganizer (program untuk mengelola jadwal dan waktu). Semua program perkantoran tersebut terintegrasi ke dalam paket aplikasi KOffice.

Contoh program multimedia, misalnya Amarok (program audio player), K3B (progam burning), Kwave (program edit suara), Dragon Player (program video player), Kmix(program sound mixer), dan masih banyak lagi.

Contoh program grafis, misalnya KFax (program fax viewer), Kolour Paint (program menggambar layaknya Paint pada Windows), KRuler (program pengatur screen), KSnap shot (program mengambil cuplikan layar), KPhoto Album (program koleksi album), dan masih banyak lagi.

Keindahan KDE sekarang ini tidak lepas dari jasa developer software khususnya Richard Moore yang tertarik dengan ide dari Matthias Ettrich. Dari tangan Richard More, KDE menjadi program desktop yang lengkap seperti sistem operasi Windows, dengan tambahan aplikasi untuk File Manager, Terminal Emulator, Help System, dan Display Configuration Tool serta aplikasi lain seperti pengaturan suara dan desktop theme.

KDE sekarang sudah mencapai versi 16.08.1 dengan tambahan kemampuan grafis yang semakin meningkat dan lebih halus dari versi-versi sebelumnya. KDE juga dilengkapi dengan Kaandlf Useful tips, yang selau hadir saat start up sejak KDE versi 1 sampai versi 16.08.1 sekarang.

KDE diaktifkan saat log in pertama kali ke sistem Linux. Sebagai tambahan, KDE desktop manager mempunyai tiga bagian utama yaitu: desktop, Kicker, dan Taskbar.

Referensi: Penerbit Andi, kofice.kde.org, https://www.kde.org/applications/graphics/

#Linux #KDE #Desktop

Artikel Lainnya

Desktop Environment KDE ~ Desktop Manager Pertama Untuk Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!

1 komentar: