Monday 4 April 2016

Memperbaiki Paket Debian Yang Rusak Sebelum Upgrade


Sebagian paket Debian membutuhkan semua file yang di-ekstrak dari mereka untuk dihadirkan ketika upgrading. jika sebagian dari file tersebut hilang, oleh suatu sebab, mereka akan menolak untuk upgrading. Sebuah cara sederhana untuk memperbaiki masalah ini adalah meng-ekstrak semua file yang dicari oleh paket tersebut dari paket itu sendiri, yang mestinya ada dalam /var/cache/apt/archives, tempat semua paket yang pernah di-download disimpan. Hal ini dapat dilakukan perintah sbb:


~# dpkg-deb --meng-ekstrak paket tujuan
Tujuan dalam hal ini akan menjadi direktori root (/) karena itulah yang dipakai oleh paket sebagai basis. Misalnya:


~# dpkg-deb --extract xcalc.deb/
Ini akan meng-ekstrak file -file dari sendmail.deb ke tujuan aslinya tanpa deteksi dari apt. Dengan demikian, file-file paket yang hilang atau rusak akan diganti dan paket tersebut sekarang bisa di-upgrade.

Note: Ini bukan metode instalasi paket. Paket perlu di-setup dengan dpkg itu sendiri. Ini hanya berguna untuk paket-paket yang akan di-upgrade dan kehilangan sejumlah filenya.

Untuk paket yang hanya mengalami kehilangan file, gunakan perintah :


~# touch
Untuk membuat file-file kosong dengan namanya sendiri.

Peringatan: Jangan coba menggunakannya pada paket-paket yang memasukan file-file konfigurasi, atau apa saja yang telah Anda kustomisasi, karena file-file tersebut akan ditulis ulang.



Referensi: Imam Musthaqim

Penulis adalah seorang kntributor untuk majalah Mikorodata, Infokomputer, Internet, dan InfoLinux. Penulis juga aktif sebagai translator untuk buku-buku Teknologi Informasi.


Tag:  Debian_Package, Repoting_error, perbaiki_Paket.deb 

Artikel Lainnya

Memperbaiki Paket Debian Yang Rusak Sebelum Upgrade
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!