Monday 4 April 2016

Caldera atau Mandrake Linux, Mana Yang Lebih Baik ?



Memilih distro terbilang susa-susah gampang, susah-nya jka Anda tergolong pengguna yang cerewet. Pada dasarnya semua distro sama. mereka semua dikembangkan dari kernel yang satu: linux. Distribusinya hanyalah kernel yang dipaketkan dengan berbagai macam aplikasi pendukung, mulai dari antar muka pengguna, instaler, driver, aplikasi bisnis,konfigurator, dan berbagai maca aplikasi lain dari pihak ketiga. Sedangkan gampangnya adalah jika Anda tergolong familiar dengan linux atau bahkan seorang pemula yang belum tahu apa-apa soal linux.

Walaupun demikian, hingga saat ini, duia Linux didominasi oleh sejumlah distro senior, sebagai contoh adalah RedHat Linux dan SuSE Linux, yang sejak awal telah hadir di Indonesia. Distro lain yang kinii juga menyebar popularitanya adalah Caldera Open Linux (eDesktop), Mandrake Linux. So, mana yang lebih baik ?


1. Caldera Open Linux (eDesktop)

Caldera adalah distro Linux yang pada awalanya diperkenalkan oleh kaldera pada tahun 1997 berdasarkan distribusi LST Linux Jerman, dan kemudian diambil alih dan dikembangkan lebih lanjut oleh Caldera System atau (SCO Gropu). Distro ini bisa dibilang distro paling tua jika dibandingkan dengan distro Mandrake Linux. Caldera menggunakan kernel linux terbaru dan yang dianggap paling stabil : Kernel 2.4.2.

Fitur - fitur yang disertakan dalam paket distro ini sendiri terbilang sangat lengkap plus dukngan dokumentasi dan tecnical-support yang luas pada situs Web mereka. Kemampuan deteksi perangkat keras pada distro ini terbilang apik dan gegas. Disamping itu banyak pula aplikasi-aplikasi khususyang hanya terdapat pada distro ini, seperti misalnya untuk image-editing: CameleoLight, yang jelas paket-paket disertakan dala distro ini tidak akan kalah banyaknya dengan yang disertakan pada distro lainnya.


Beberapa fitu menarik yang disertakan pada distro ini antara lain adalah :



  • Dukungan perangkat keras terbaru seperti piranti USB,firewire, kartu grafis terbaru, peranti UDMA 33/66/100 dan SCSI.
  • Dukungan file system yang luas: ReiserFS, NFS, SMBFS, Coda, DevFS, CRAMFS, NTFS, ISO9660, UDF, BFS, dan lainya.
  • Tool jaringan dan keamanan sistem yang telah ditingkatkan.
  • Alikasi GIMP 1.1.29. dan CameleoLIGHT 3.51.
  • Desktop manager KDE 2.1 dan sistem X Window rilis 6.3, Xfree86 4.02, plus desktop manager alternatif seperti BlackBox, GNOME, Enlightenment, Afterstep, TWM, FVWM, dan lainya.
  • Aplikasi bisnis Satar Office 5.2 namun anda juga dapat meng-install Libre Office 5.1 yang saat ini sedang populer dibeberapa distro linux.
  • Aplikasi browsing Internet Netscape Communicator 4.77 dan Konqueror 2.1


Mandrake Linux tergolong distro muda yang cepat sekali menanjak popularitasnya. Salah satu faktor pendukungnya adalah disertakan berbagai macam aplikasi yang berorientasi pada pengguna game , aplikasi office, utillitas yang user-friendly plus installer yang tanggap akan beragam perangkat keras terbaru. Dengan kata lain, Mandrake adalah distro yang mampu menyihir parapengguna pemula untuk memilih atau beralih ke distro ini.

berdasarkan pengamatan selama ini pada milis-milis IT di Indonesia, umumnya para pemula akan menyukai distro yang satu ini, disamping dukungan yang luas terhadap perangkat keras terbaru, juga tersedianya berbagai macam aplikasi yang memang cocok untuk pengguna PC, mulai dari game,aplikasi bisnis, utillitas, administrasi sistem, dan aplikasi grafis serta multimedia.Mandrake telah merilis versi 8.2 dengankernel 2.4.18.

Diantara sekian fitur yang disertakan pada paketnya, antara lain seperti :
  • Tool partisi berbasis grafis: DiskDrake yang mendukung banyak filesystem termasuk SMB dan NFS.
  • HardDrake
  • Mendukung Journalized Filesustem EXT3, ReaserFS, XFS, dan JFS termasuk filesystem terenkripsi untuk memastikan keamanan data.
  • Desktop KDE 2.2.2 beserta aplikasi bisnis KOffice 1.1.1 Office Suite.
  • GNOME 1.41. dengan file manager Nautilus 1.06.
  • Aplikasi kantor legendaris StarOffice 6.0 full fitur, aplikasi internet Mozilla 0.9.8, MP3 player XMMS 1.2.6, aplikasi grafis GIMP 1.2.3, dan segudang aplkasi menarik lainnya.
  • Dukungan perangkat keras terbaru seperti Firewire, USB, USB2, i830 DRM, ATA1333, kartu grafis GeForce3, dan Xfree86 4.2 yang menyediakan akselerasi 3D bagi banyak kartu grafis.


Jadi Yang Mana Yang Lebih Baik ?

Jawabannya sama-sama bagus, dan sebenarnya sangat tergantung pada Anda yang akan menggnukannya.



Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lupa di Share ya bos :-D



Referensi : Imam MusthaqimWikipedia.orgwww.elexmedia.co.id 

Tag : DistroLinux, ThebestLinuxDistro, CalderaLinux, MandrakeLinux. 




Artikel Lainnya

Caldera atau Mandrake Linux, Mana Yang Lebih Baik ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!

1 komentar:

Anonymous
4 April 2016 at 01:20 delete

The best Article

Reply
avatar